04.49

Berbagai Macam Jaringan Komputer

Saat ini perkembangan komunikasi dengan menggunakan komputer amat pesat. Sejak ditemukannya teknik komunikasi data antara komputer di lembaga-lembaga bisnis maupun pendidikan dan riset serta lembaga-lembaga lainnya.
Jaringan dalam Komputer berdasar pada rentang geografis yang dicakup oleh jaringan dapat dibedakan menjadi 3, yaitu


Local Area Network ( LAN )
LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung atau sebuah sekolah dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang mengatur aktivitas jaringan ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network).
Media LAN merupakan jaringan dalam komputer yang mencakup area dalam satu ruang gedung yang berdekatan . Misalnya jaringan dalam satu sekolah yang terpadu atau disebuah lokasi perusahaan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.



Metropolitan Area Network ( MAN )
MAN adalah jaringan yang mencakup area satu kota atau dengan rentang sekitar 10-45 Km. Jaringan ini pada umumnya menggunakan media transmisi dengan mikro gelombang atau gelombang radio. Sebuah MAN meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu provinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.

Wide Area Network ( WAN )
WAN merupakan jaringan yang mencakup antara kota dengan kota atau provinsi dengan provinsi dan bahkan negara atau benua. WAN juga merupakan sistem jaringan yang menghubungkan beberapa LAN dan tidak tergantung pada sebuah lokasi.
WAN adalah jaringan yang ruang lingkupnya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut. Sebagai contoh keseluruhan Bank BCA yang ada Indonesia ataupun yang ada di negara-negara lain. Menggunakan WAN, sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Taiwan, hanya dalam hitungan menit.
Secara administrasi jaringan WAN membutuhkan pihak ketiga (network provider) untuk menyediakan media penghubung yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda lokasi, contoh jaringan WAN adalah ATM dan Internet.

0 komentar: